Pages

Jumat, 08 April 2016

Review Suzuki Ertiga GX 2013 A/T

Review Suzuki Ertiga GX 2013 A/T


Assalamualaikum Wr.Wb
Halo sobat Gudang-faisal, salam sejahtera bagi kita semua, semoga kita semua selalu di lindungi oleh Allah SWT. Aamiin.....
setelah beberapa kali saya membuat tulisan tentang teknologi komputerisasi kali ini saya akan membuat tulisan tentang teknologi di dunia otomotif. Ya, saya tertarik untuk membahas salah satu mobil keluarga Low Multi Purphose Vehicle (LMPV) dari keluarga suzuki yaitu SUZUKI ERTIGA GX 2013 A/T.

SUZUKI ERTIGA GX 2013 A/T Adalah mobil keluarga yang basisnya di ambil dari mobil Hatchback SUZUKI SWIFT dan di luncurkan oleh suzuki indomobil indonesia pada tahun 2013, di bekali sistem keamanan dan kenyamanan yang tinggi membuat mobil ini sangat di gemari masyarakat terutama di indonesia dan baru-baru ini ERTIGA juga mendapatkan apresiasi sebagai Mobil Keluarga Yang Menyenangkan dari beberapa media , instansi dan dari para pemiliknya, maka dari itu saya sangat tertarik untuk membahas Mobil ini langsung saja kita bahas....

Segi Exterior :

Ø  di lihat dari depan Mobil ini cukup Sporty dan Elegan terlihat dari lampu depan, Grill berlapis Chrome dan adanya 2 lampu kabut di sisi kiri dan kanan body kit yang membuat penerangan menjadi lebih baik.
Ø  Kita beralih ke sisi samping mobil, disini kembali saya lihat begitu Sporty Dan Elegannya mobil ini dengan kaca spion yang di lengkapi LED turn signal lamp (lampu sein) yang membantu pengendara lebih percaya diri untuk berbelok dan membantu pengendara lain yang ada di depannya agar bisa lebih melihat jika mobil ini ingin berbelok. Mobil ini juga mempunyai daun pintu yang rijit saat di pegang dan berkesan lebih mewah di banding LMPV lainnya. Dari segi kaca samping terlihat pilar A yang cukup lebar bertujuan agar visibilitas si pengendara menjadi lebih baik . Di lihat dari pilar B, pilar B ini terlihat cukup panjang bertujuan agar penumpang di baris ke-2 dan penumpang di baris ke-3 dapat dengan mudah masuk ke dalam kabin mobil. Di lihat dari Pilar C, di pilar C ini kaca terlihat cukup kecil mungkin karena pilar B yang cukup panjang jadi pilar C ini terlihat kecil, hal ini sedikit berpengaruh pada penumpang di baris ke-3 karena visibilitas yang kurang baik. Di bekali pula ban berukuran 185/65 R15 Bobot 1.190 kg dengan velg palang 10 membuat mobil ini cukup nyaman di kemudikan.
Ø  Kita beralih ke sisi belakang mobil, di lihat dari sisi belakang mobil ini cukup bagus di lihat dari desain lampu belakang yang sederhana namun terlihat elegan. Garnis chrome juga di hadirkan pada sisi belakang mobil ini letaknya di bagian atas dudukan plat nomor yang kembali lagi menambah kemewahan mobil ini. Di lengkapi juga wiper belakang agar ketika hujan visibilitas pengemudi tetap baik dan kaca akan tetap bersih.

Segi Interior :



Ketika masuk ke dalam kabin mobil ini saya sangat merasakan kemewahan yang di hadirkan di interior mobil ini. diawali dengan dashboard yang berwarna beige berbahan plastic yang bagus dan enak di sentuh terdapat juga cup holder di dashboard sisi penumpang, desain kisi AC di dashboard pun cukup bagus,  pada tipe GX A/T ini terdapat audio control pada stir mempermudah pengemudi untuk mengatur audio pada headunit tanmpa memindahkan tangannya dari kemudi ,desain stirnya pun sangat bagus dengan kombinasi warna beige dan chrome dan bisa di atur posisi ketinggiannya (Tilt Steering). Melihat desain speedometernya cukup cantik berwarna kuning pada penunjuk kecepatannya dan berwarna merah pada jarum penunjuknya , terdapat juga layar odometer digital untuk mengetahui seberapa jauh jarak yang di tempuh , seberapa banyak konsumsi BBM yang di gunakan , suhu di luar kabin , jam serta penunjuk posisi gearbox. Desain persneling yang cukup bagus dan enak di genggam berwarna kombinasi beige dan chrome dan di lapisi kulit. Suzuki Ertiga ini juga terkenal dengan kualitas audionya yang Sangat baik di lengkapi audio 2dinn yang bisa di koneksikan dengan USB dan AUX , di lengkapi juga speaker dan 2 tweeter.
Pada kursi depan ertiga juga sangat menjamin kenyamanan pengendaranya karena kursinya yang tebal dan empuk dengan sandaran kepala yang pas sehingga sangat nyaman untuk berpergian jarak jauh di lengkapi juga tuas seat position untuk mengatur posisi kursi , seat adjuster untuk mengatur ketinggian kursi serta recleaning seat. Di bangku depan juga di bekali dengan seat belt dengan pengatur ketinggian sehingga menjamin keamanan pengendaranya.
Berpindah ke baris kedua kenyamanan dan kemewahan kembali di hadirkan pada mobil ini, adanya AC Double Blower membuat kesejukan kabin merata bahkan sampai baris ketiga, kursinya pun sangat empuk dan nyaman di tambah lagi handrest yang membuat penumpang semakin nyaman duduk di baris kedua , terdapat juga recleaning seat pada kursi baris kedua untuk mengakses baris ketiga. tidak lupa seat belt 3 titik juga di hadirkan di baris kedua ini sehingga keamanan penumpang juga dapat terjaga
Berpindah ke baris ketiga ertiga ini memberikan juga bangku yang cukup tebal dan empuk sehingga penumpang baris ketiga pun dapat merasakan kenyamanan mobil ini , namun di baris ketiga ini untuk penumpang yang tingginya lebih dari 170cm kepala akan menyentuh atap mobil ini dan kaki pun akan mentok pada kursi baris kedua walaupun itu bisa di akali dengan memajukannya posisi kursi baris kedua , tidak lupa ertiga juga tetap memberikan seatbelt 3 titik agar penumpang di baris ketiga aman aman saat menaiki mobil ini.
Berpindah ke bagasi, mobil ini mempunyai bagasi yang cukup kecil jika posisi kursi baris ketiga di dirikan tapi ketika kursi baris ketiga di tidurkan maka bagasi akan menjadi lebih luas karena desain kursi baris ketiga yang bisa dilipat rata lantai.

Segi Keamanan :
Di lengkapi Sistem Pengereman ABS, EBD dan BA
Di lengkapi dual SRS AIRBAG pada pengemudi dan penumpang depan
Di lengkapi side body impact pada bagian sisi samping mobil
Seatbelt 3 titik di seluruh kursi

Segi Performa :
Memiliki Mesin Ber-kode K14B 1.400 cc VVT bertransmisi Automatik 4 percepatan yang bertenaga baik di putaran rendah maupun putaran tinggi dan berpenggerak roda depan membuat efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik. 0-100 km/jam di 2.600RPM dapat di capai mobil ini dengan 13,9 detik cukup baik di kelasnya. Konsumsi bbm dalam kota/tol 13,2/19,2 km/l dengan mobil seukuran ini konsumsi bahan bakarnya sangat irit di banding rivalnya. Di bekali Elektronik Power Steering membuat mobil ini mudah dan ringan untuk di kendalikan.

Kesimpulan :
Mobil ini menjawab keinginan masyarakat yang menginginkan mobil murah, nyaman, aman dan tampilannya yang begitu juga dengan performanya. Walaupun transmisi automatic 4 percepatan ini kurang special tapi transmisi automatik ini dapat meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya.

Sekilas Pandang :
-         Tersedia 8 Varian Warna

  Sekian Review saya tentang SUZUKI ERTIGA GX 2013 A/T semoga tulisan yang saya buat ini dapat bermanfaat untuk sobat Gudang-Faisal , Mohon Maaf apabila terjadi banyak kesalahan karena saya masih dalam tahap proses pembelajaran.
Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar